#Challenge 6.1 [Prolog, Membuat Matematika Jadi Lebih Asik]

Sebelum memulai game, maka saya harus menyukai materinya dulu. :D Efek dulu sangat tidak suka dengan yang namanya matematika. Tapi berjodoh dengan suami yang orang teknik, matematika sudah menjadi makanannya sehari-hari. Dan saya? No no no. :P

Bertemu materi ini awalnya membuat saya gerah, hihi. Namun dibaca lagi dan akhirnya sadar bahwa matematika bukan sekadar angka. Ada banyak yang bisa kita ambil dengan belajar matematika. Salah satunya kegiatan bermain anak.

Kemarin, di pagi hari Labibah urung turun dari gendongan saya selepas bangun tidur. Gelendotan, ngalem tidak mau ditaruh. Ditawari untuk mainan sendiripun ogah. Saya bawalah dia ke teras rumah. Saya ajak melihat-lihat bunga sembari mencoba gendongan baru.

Kebetulan di rumah banyak sekali tanaman aglaonema milik Mbah Kung-nya Labibah. Berbagai jenis aglaonema. Ada yang runcing, besar dan lebar, kecil, dan panjang. Saya jelaskan satu persatu pada Labibah. Setelah menjelaskan ciri bunga yang lebar dan besar, saya mengajaknya untuk mencari bunga dengan ukuran yang sama. Beberapa bunga dengan daun lebar dan besarpun kami temukan. Setelah itu kami berganti mencari bunga dengan bentuk panjang dan berujung runcing.
#mengenalukuran #lebar #besar #panjang

Kembali ke rumah kami melewati dapur belakang. Di meja dapur kami menemukan roti tawar, dan Labibahpun minta. Diambilnya satu lembar roti tawar.
"Adek mau maem?"
"Buba a'eng (maksudnya Bunda juga maem)"
"Iya. Kita bagi ya? Adek satu, Buba satu. Dapet satu-satu."
#belajarberbagi

Saat makan roti, tidak sengaja bekas gigitan Labibah meninggalkan bentuk segitiga pada roti tersebut. :D
"Wah, rotinya berubah bentuk. Liat, Dek rotinya bentuk segitiga."
"Ditita (segitiga, Labibah menyahut)"
"Iya, ini namanya segitiga. Kita coba hitung sisi-sisinya ya, ada satu, dua..."
"Tidaaa..." :D
#mengenalgeometri #segitiga

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Komentar

Postingan Populer