#Review Buku [365 Hari Bersama Sahabat-Sahabat Rasulullah SAW]

“MENGENAL RASULULLAH LEBIH DEKAT LEWAT SAHABAT”

Jenis buku : Agama, Nonfiksi
Judul asli : 365 Gunde Peygamberimin Arkadaslari
Judul terjemah : Kisah Luar Biasa: 365 Hari Bersama Sahabat-Sahabat Rasulullah SAW.
Penulis : Taha Kilinc
Ilustrasi : Seval Cevizci
Penerjemah : Farida Inayati
Penerbit : Kalil
Tahun terbit : 2007
ISBN : 978-979-22-8548-2
Dimensi : xvi+432 halaman (20x28 cm)
Jenis kertas : Hard cover, HVS full color
Harga : 110.000 (Harga normal 200.000)

Sebelumnya saya mencari buku 365 Hari Bersama Nabi Muhammad untuk mengenalkan Labibah akan rasulnya. Namun karena buku tersebut sudah sangat sulit ditemukan, maka saya harus mencari alternatif lain yang kategori bukunya sesuai seperti yang diinginkan. Maka berdasar saran dari seorang teman, bertemulah saya dengan buku 365 Hari Bersama Sahabat-Sahabat Rasulullah SAW ini sebagai gantinya di tengah kegalauan saya. Sekarang buku ini menjadi idola bagi saya dan Labibah. Saya merasa, inilah buku yang saya cari.

Sama seperti 365 Hari Bersama Nabi Muhammad, buku 365 Hari Bersama Sahabat-Sahabat Rasulullah SAW ini bercerita tentang Nabi Muhammad. Hanya saya di buku ini, tema yang diangkat adalah para sahabat. Mereka yang menjadi pencerita dan mengisahkan pengalaman berharga ketika bersama Rasulullah. Melalui cerita yang dibawakan oleh para sahabat, diharapkan pembaca akan mengetahui kisah tentang Rasulullah dan para sahabat, tokoh dan peristiwa penting dalam Islam, negara dan kota sejarah, peran sahabat Nabi, dan nilai Islam yang sebenarnya.

Ide pokok dari buku ini disuguhkan dengan begitu apik. Jalan ceritanyapun akan membuat kita terbawa, dan muncul perasaan bahagia, kecewa, sedih saat kita tenggelam di dalam kisah Rasulullah. Gambaran keadaan di masa Rasulullah diceritakan dengan baik melalui bahasa dan ilustrasi bukunya, sehingga kita larut dan merasa berada di tengah-tengahnya. Sampai tidak terasa saya begitu merindukan beliau. Allahumma sholi ala Muhammad. Penerjemah berhasil menerjemahkan kata perkata dengan baik. Pilihan kata dan struktur kalimatnya tidak terkesan menggurui. Hingga menurut saya, karena hal itu buku ini masuk dalam kategori living book. Pustakanya hidup, membangkitkan kita para pembacanya.

Sesuai judulnya 365 Hari, maka dalam buku ini terdapat 365 cerita dari para sahabat yang dibaca untuk satu tahun. Idealnya 1 hari 1 cerita. Tapi buat saya dan Labibah, sehari 1 cerita tidak cukup. :D. Di samping banyak kelebihan yang dimiliki, bagi saya pribadi buku ini akan lebih baik lagi jika nama pencerita disesuaikan menurut abjad. Karena saya cukup kesulitan ketika memilih kisah yang diceritakan oleh Aisyah (misalnya), maka saya harus membaca satu persatu daftar isinya karena abjad nama sahabat yang acak.

Terlepas dari itu semua, saya merekomendasikan buku ini untuk dimiliki keluarga muslim sebagai sarana mengenalkan anak akan Pencipta dan Rasulnya :)

Komentar

Postingan Populer