#Challenge 6.13 [Membuat Pasir dari Tepung]

Yap! Setelah kemarin mendapat kiriman gambar DIY pasar kinetik dari tepung, hari ini saya dan Labibah bersiap untuk eksekusi. 💪
Bahannya kami menggunakan tepung kanji, baby oil, air, dan pewarna makanan.

Pertama kali kami mencampurkan tepung dan baby oil di dalam mangkok besar. Labibah yang bertugas meneteskan baby oil ke dalam adonan. Setelah kami rasa cukup, Papa membantu memberikan air sedikit demi sedikit. Kami terus mengaduknya, hingga semua larut menjadi satu. Namun, secara tidak sengaja Labibah karena terlalu asiknya, air di gayung yang tengah dipegangnya, disiramkan ke dalam adonan. Hingga tekstur adonan yang awalnya sudah seperti pasir, berubah lengket. :D. Tidak apa-apa, toh kami masih bisa menambah tepung lagi ke dalamnya. :)

Labibah sangat menikmati prosesnya. Terlebih ketika pewarna makanan akan diteteskan. Dia meminta botol pewarna yang tengah saya pegang. Namun karena hanya butuh beberapa tetes, dan Labibah sepertinya akan menumpahkan seluruhnya, akhirnya botol pewarna saya minta. Saya bilang kita hanya butuh tiga tetes.
"Sini, Dek Buba minta. Kita teteskan pewarna ya? Tiga tetes. Adek bantu hitung ya? Satu, dua, tiga. Cukup".

Labibah kembali saya minta mengaduk adonan yang telah diwarnai. Dia kaget karena warna tepung yang asalnya putih berubah menjadi merah dan hijau.

"Ana iya (warna merah)!" sontaknya. Labibah pelan-pelan sudah mulai mengenal warna. Sayapun menjelaskan bahwa warna itu berasal dari pewarna makanan tadi, lalu kita campur di tepung, hasilnya tepungnya berwarna merah.

Setelah semua tercampur, kami membentuk adonan pasir buatan kami ke dalam cetakan. Kami membuat beberapa bentuk, salah satunya kami membuat bentuk geometri, lingkaran dan persegi panjang.

Waaah, menyenangkan. Labibah sangat tertarik. Namun karena dia anaknya cepat bosan, acara main pasir ini tidak lebih dari 1 jam. Dan kamipun memutuskan untuk mandi sore.

Tidak ingin repot, sayapun meminta Labibah mencuci perkakas yang habis dipakai tadi. :D. Lumayan kan, sekalian melatih kemandirian Labibah untuk membersihkan mainannya sendiri. Toh Labibah juga senang, karena dia bisa bermain air seeepuasnya. :D

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Komentar

Postingan Populer