#Challenge 6.14 [Mengenal Konsep Buka-Tutup]

Setelah selesai bermain dengan Om, Labibah meminta cuci tangan di kran belakang rumah. Saya yang menemaninya, sementara Om bersiap untuk sholat Jumat.

"Buba, ci a'a (cuci tangan)"

"Iya, Dek disini aja cuci tangannya" saya menunjuk dan mengajak Labibah ke arah kran di samping kolam ikan.

Jreeesssh!!! Suara kran air mengucur dengan deras. Labibah merasa senang, tetapi percikan air menyebar kemana-mana. Takut akan menjadi genangan di tanah, saya menutup kran. Namun Labibah masih penasaran. Dibukanya lagi kran dengan cepat, dan jreeesssh! Kran menyembur lagi. Wajahnya girang, dan senyumnya melebar.

"Yaaah... Abibah ci a'a" sambil tertawa lebar.

Labibah masih bersemangat membuka kran. Lalu saya mencoba menutup. Oleh Labibah kembali dibuka lagi, dan jreeesssh! Menyembur lagi. :D

Daripada hanya dipakai mainan, sekalian saja saya jelaskan jika kran air diputar ke kiri, itu artinya ditutup. Artinya tidak akan ada air yang keluar. Namun jika kran diputar ke kanan, itu artinya dibuka, dan air akan mengalir keluar. Jika diputar hanya sedikit, maka air juga akan keluar sedikit dan perlahan. Namun jika diputar maksimal, maka air akan menyembur.

Maka jadilah hari ini kami berdua belajar tentang konsep buka-tutup dengan media kran air. :)

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Komentar

Postingan Populer